Anda telepon, kami datang ke tempat anda khusus untuk wilayah Semarang dan sekitarnya. Survey & Konsultasi GRATIS. Anda tidak jadi pesan... tidak apa apa, tetap GRATIS

Spesialis & Konsultan Gorden / Blinds untuk

Rumah, Kantor, Hotel & Rumah Sakit di Semarang & Jawa Tengah

MENCUCI GORDEN


Tirai atau gorden adalah salah satu dekorasi rumah yang sering diabaikan dikebanyakan rumah dan orang orang sering membeli yang baru jika gorden yg mereka miliki telah terlihat kotor, kusam dan tidak menarik lagi daripada harus merawatnya secara berkala. Dan jika sudah memasang gorden yang baru, sangatlah mudah mengabaikannya lagi.

Gorden sering ditemukan dalam keadaan kotor, ini disebabkan karena ketika jendela dibuka gorden akan menangkap kotoran dan menyerap kelembapan dari luar. Debu, polusi, asap, serbuk sari, bakteri dan minyak adalah beberapa contoh kotoran yang diserap oleh gorden jendela rumah anda. Bahkan jika jendela sudah ditutup disana masih terdapat celah atau bagian-bagian dimana udara masih bisa masuk dan jika udara bisa masuk, begitu juga dengan partikel kotoran kecil.

Gorden juga merupakan tempat dimana debu dan kotoran yang berterbangan dalam ruangan menghinggap disana. Ketika anda membersihkan rumah seperti menyapu, membersihkan dengan kemoceng atau pel lantai, debu-debu atau kotoran tersebut sebagian akan berterbangan dalam ruangan dan mendarat pada gorden gorden cantik di rumah anda. Ini sebabnya membersihkan gorden secara berkala amatlah diperlukan untuk menghindari kuman atau bakteri dari debunya itu sendiri dan alergen merugikan lainnya. Membersihkan gorden juga dapat membantu meningkatkan kualitas udara dalam suatu ruangan.


Betapa kotor dan berdebunya gorden, kebanyakan orang akan merasakan repot jika harus mencucinya tiap minggu. Sebagian orang mencucinya sekali sebulan, ada yang beberapa bulan sekali dan ada juga yang sekali setahun. Yang jelas jika terlalu sering dicuci bukan hanya merepotkan tapi akan juga mengurangi kualitas bahan tersebut.

Tips mencuci gorden
  • Sebelum anda melakukan pembersihan gorden, anda sebaiknya memeriksa setiap instruksi manufaktur dan baca petunjuk tiap label yang ada pada gorden tersebut saat anda membeli untuk perawatan yg maksimal. Tidak semua gorden bisa dicuci dengan cara yang sama, beberapa gorden memerlukan dry cleaning. Jangan mencuci gorden yang tidak di-label atau dicap sebagai bahan yang dapat dicuci karena beberapa gorden memiliki hiasan dan trim yang tidak colorfast. Bahan yang sebaiknya tidak dicuci biasanya adalah wol, sutra dan rayon. Gorden yang mudah pudar warnanya karena sinar matahari juga sebaiknya tidak dicuci. Hampir semua gorden akan pudar jika kena sinar matahari langsung, oleh karena itu ada baiknya jika gorden yang anda pajang dibalik beberapa waktu sekali supaya tidak kelihatan belang warnanya.
  • Debu dan kotoran yang ada pada permukaan gorden juga dapat dibersihkan dengan vacuum cleaner, kain basah, atau dengan kemoceng. Untuk membersihkannya, mulailah dari atas kebawah supaya debu hanya jatuh pada bagian yang belum dibersihkan. Jika anda menggunakan kain basah, sebaiknya gorden di vacuum atau disapu dengan kemoceng (atau semacamnya) terlebih dahulu agar gorden tersebut tidak terolesi dengan air debu yang kental.
  • Cara lain adalah dengan mesin cuci. Jika menggunakan mesin cuci usahakan jangan sampai overload dengan laundry2 lainnya supaya gorden kotor tersebut dapat bergerak bebas. Pakailah deterjen yang lembut dan hindari air panas atau temperature yang tinggi karena dapat merusak bahan gorden. Untuk gorden yang tipis atau halus dapat dicuci secara manual pakai tangan, jangan lupa untuk menggosoknya dengan lembut dan setelah itu dijemur tapi kalau bisa jangan terkena sinar matahari langsung. Banyak orang yang langsung memasang gorden yang baru dicuci atau dibersihkan untuk menghindari lekukan.
  • Cincin gorden yang karatan dapat dimasukkan ke dalam air cuka panas untuk mengembalikan kilauannya sedangkan tiang gorden yang tua kusam dapat dibersihkan dengan air sabun.