Anda telepon, kami datang ke tempat anda khusus untuk wilayah Semarang dan sekitarnya. Survey & Konsultasi GRATIS. Anda tidak jadi pesan... tidak apa apa, tetap GRATIS

Spesialis & Konsultan Gorden / Blinds untuk

Rumah, Kantor, Hotel & Rumah Sakit di Semarang & Jawa Tengah

Tipe dan Jenis Gorden

Tirai atau gorden bukan hanya bisa digunakan untuk menghalangi cahaya yg masuk atau untuk sebuah privasi saja, tetapi mereka juga bisa mengubah atmosfer ruangan dan mempengaruhi suasana hati. Ada begitu banyak cara mengenai bagaimana anda dapat menggunakan gorden untuk menghiasi jendela anda. Begitu banyak pilihan seperti bahan, warna, model, bentuk dan lain lain sampai kadang anda bisa pusing sendiri sebelum memulainya. Berikut adalah contoh contoh tipe tirai yang sering digunakan pada rumah rumah ataupun gedung.

Triple Pleat Curtain (Gorden Tiga Lekuk)
jenis gorden tiga lekukGorden jenis tiga lekuk ini disebut juga dengan French pleat curtains dalam bahasa inggris. Gordennya memiliki tiga lekukan di bagian atas, lekukannya itu sendiri dijepit dibagian bawah sehingga bagian atasnya terlepas mekar seperti bunga. Gorden model tiga lekuk ini lebih formal dan elegan dibandingkan dengan yang dua lekuk, maka dari itu gorden ini sering digunakan dalam ruangan bernuansa formal. Salah satu ciri yang membuatnya gampang dikenal adalah jika ditutup atau dilipat gordennya maka lekukan-lekukan tersebut akan tetap terlihat mencolok keluar.


Gorden atau Tirai Tipis
Gorden jenis ini dibuat agar sebagian cahaya dari luar dapat masuk ke dalam ruangan tanpa harus membuka gordennya tapi privasi tetap terjaga. Seperti nama jenis tirainya, gorden ini biasanya amat tipis dan tembus pandang, bahannya pun terbuat dari kain yang ringan dan semi-transparan. Ini alasannya kenapa tirai tipis pada umumnya sangat ringan dan sejuk. Gorden tipis sering dikombinasikan dengan gorden lain sehingga menjadi dua lapis penutup pada satu jendela.

Gorden Gantung atau Gorden Tab Gantung
Gorden ini dikenali dengan bentuk tab gantungnya yg berada di bagian atas gorden. Tab tab ini digunakan untuk memasukkan tiang gorden yang kemudian digantung didekat jendela. Karena tiang gorden yang berada dalam tab tab ini ter-ekspos maka tipe gorden jenis ini sering dikombinasikan dengan tiang tiang gorden yang terdekor cantik dan menarik untuk meningkatkan keindahan gordennya itu sendiri. Gorden tab gantung ini memberi suasana atau kesan yg casual sehingga banyak dipakai di rumah atau kamar tidur.

Gorden Cincin
Sesuai namanya, gorden cincin (grommet top curtains) memiliki lobang lobang seperti cincin di bagian atas gorden. Cincin cincin ini (eyelets) digunakan utk memasukkan tiang gorden supaya gordennya bisa tergantung pada tiang tersebut. Gorden ini banyak dijumpai dimana-mana, hotel, restaurant, perumahan, kantor, kamar mandi, hall, panggung, dsb dan peminatnya pun banyak.

Gorden Tiang Kantong

Gorden tiang kantong (rod pocket curtain) memiliki kantong di bagian atas yang dibuat agar tiang gorden dapat masuk ke kantong tersebut. Gorden kantong ini ada yang memiliki satu kantong, dua, bahkan tiga kantong tapi biasanya kantong lain hanyalah untuk hiasan dan yang bisa dipakai utk memasukkan tiang gorden cuman satu.

Gorden Cafe

Gorden cafe sering disebut juga dengan gorden dapur karena pada umumnya mereka dipakai di dapur. Gorden ini amat unik karena mereka didesign hanya untuk menutupi setengah bagian dari jendela. Gorden tipe ini sering ditemukan di cafe cafe khususnya cafe ala Eropa dan Barat. Tujuan dari designnya yg unik yaitu untuk membiarkan sebagian cahaya atau pemandangan luar masuk sekalian menciptakan suatu privasi kecil dalam dapur atau ruangan. Gorden cafe ini pada umumnya dipasang di bagian dalam kerangka jendela, dan biasanya disertai dengan valance pada bagian atas jendela.